Pertanyaan yang sering diajukan

Suntik KB 1 bulan

Metode kontrasepsi yang dilakukan dengan cara suntik yang dapat melindungi terhadap kehamilan selama 1 bulan penuh. Mengandung 2 hormon yaitu progestin dan estrogen, seperti hormon alami yang ada pada tubuh perempuan.

Beda antara kedua produk suntik KB tersebut adalah pada kandungan hormonnya dan jangka waktu efektifitasnya , pada suntik KB 1 bulanan terdapat 2 kandungan hormon (Estrogen dan Progesteron) untuk efektifitas 1 bulan sedangkan suntik KB 3 bulanan hanya terdapat kandungan hormon Progesteron saja untuk jangka waktu 3 bulan.

Metode kontrasepsi yang sangat efektif, dapat melindungi lebih dari 99% terhadap kehamilan.

Penyuntikan pertama sebaiknya dilakukan pada 5 hari pertama siklus haid. Dipastikan bahwa akseptor tidak sedang hamil

Jadwal suntik ulang
Suntikan kontrasepsi suntik kombinasi diulang tiap 4 minggu/1 bulan.

Suntikan lebih awal
Jika jadwal tidak bisa ditepati, suntikan ulangan dapat diberikan hingga 7 hari lebih awal dari jadwal tapi hal ini dapat mengganggu pola menstruasi.

Suntikan lewat waktu

  • Jika jadwal tidak dapat ditepati, suntikan ulangan dapat diberikan hingga 7 hari lebih lambat dari jadwal tanpa memerlukan perlindungan kontrasepsi tambahan.
  • Jika terlambat lebih dari 7 hari, ia tetap dapat disuntik ulang selama dipastikan tidak hamil. Ia harus pantang berhubungan seksual atau menggunakan perlindungan kontrasepsi tambahan selama 7 hari berikutnya. Ia juga dapat mempertimbangkan penggunaan kontrasepsi darurat jika memenuhi syarat.

Efek samping hanya terjadi pada sebagian kecil wanita yang menggunakan, antara lain : perubahan pola perdarahan, penambahan berat badan, sakit kepala, pusing, nyeri payudara.

Ibu menyusui tidak dianjurkan untuk menggunakan Suntik KB 1 bulanan karena dapat menghambat produksi ASI. Ibu menyusui dianjurkan untuk menggunakan Suntik KB 3 bulanan atau Implan KB.

Sebagian besar sama, Suntik KB mirip dengan kontrasepsi oral kombinasi. Kontrasepsi Suntik KB lebih praktis karena tidak perlu penggunaan setiap hari seperti pil. Studi jangka panjang dilakukan pada suntik KB (injeksi bulanan), namun para peneliti menganggap sebagian besar temuan tentang kontrasepsi oral kombinasi juga berlaku untuk suntik bulanan.

Untuk pemakaian KB suntik 1 bulanan diperlukan sekitar 6 bulan untuk kembali kesuburan seperti semula. Namun hal ini bervariasi pada setiap wanita.

Hal ini tidak benar, pada pemakaian KB Suntik ada efek samping dimana haid terhenti (dikarenakan terjadi penipisan dinding rahim-salah satu mekanisme pencegahan kehamilan), tapi ini wajar terjadi. Memang pada pemakaian KB suntik anda memerlukan waktu agak lama (setelah penghentian suntikan) supaya bisa kembali hamil.

Jika anda menggunakan KB Suntik, kemungkinan anda akan mengalami sedikit pendarahan/bercak diantara siklus haid anda atau kemungkinan haid anda akan terhenti/lebih sedikit. Hal ini normal terjadi dan tidak perlu dikuatirkan, beberapa wanita diuntungkan karena mereka lebih sedikit mengalami rasa sakit/gangguan pada haid. Konsultasikan dengan Bidan/dokter anda untuk info lebih lanjut.

Punya pertanyaan lain ? klik disini

Punya pertanyaan seputar KB dan kontrasepsi?

Konsultasi disini

x