Pertanyaan yang sering diajukan

Suntik KB 3 bulan

Metode kontrasepsi yang dilakukan dengan cara suntik dan dapat melindungi wanita dari kehamilan selama 3 bulan. Mengandung hormon progestin tunggal seperti hormon progesteron yang ada pada tubuh perempuan.

Suntik KB 3 bulanan adalah tergolong metode kontrasepsi yang efektif, dapat melindungi 99?ri kehamilan jika digunakan tepat waktu.

Perubahan pola perdarahan, penambahan berat badan, sakit kepala, pusing, perubahan suasana hati, perut kembung, gairah seksual berkurang.

Ya, ini adalah pilihan terbaik untuk ibu menyusui yang ingin menggunakan metode kontrasepsi hormonal. Suntik KB aman untuk ibu dan anak. Tidak mengganggu produksi air susu

Tidak, hanya terjadi terlambatnya kesuburan setelah menghentikan penggunaan suntik KB 3 bulanan. Umumnya pola menstruasi akan kembali beberapa bulan setelah penghentian suntikan. Beberapa wanita mungkin harus menunggu beberapa bulan (6-12 bulan) sebelum pola perdarahan/menstruasi kembali normal dan bisa hamil kembali.

Beberapa wanita mungkin mengalami pertambahan berat badan. Efek bertambah gemuk bersifat individual.

Jika anda menggunakan KB Suntik, kemungkinan anda akan mengalami sedikit pendarahan/bercak diantara siklus haid anda atau kemungkinan haid anda akan terhenti/lebih sedikit. Hal ini normal terjadi dan tidak perlu dikuatirkan, beberapa wanita diuntungkan karena mereka lebih sedikit mengalami rasa sakit/gangguan pada haid. Konsultasikan dengan Bidan/dokter anda untuk info lebih lanjut.

Hal ini tidak benar, pada pemakaian KB Suntik ada efek samping dimana haid terhenti (dikarenakan terjadi penipisan dinding rahim-salah satu mekanisme pencegahan kehamilan), tapi ini wajar terjadi. Memang pada pemakaian KB suntik anda memerlukan waktu agak lama (setelah penghentian suntikan) supaya bisa kembali hamil.

Punya pertanyaan lain ? klik disini

Punya pertanyaan seputar KB dan kontrasepsi?

Konsultasi disini

x