Pertanyaan yang sering diajukan

Implant

Implant adalah alat kontrasepsi hormonal yang dipasang dibawah jaringan kulit pada lengan atas, berbentuk batang dengan ukuran kecil. Implant ini mengandung hormon progesteron seperti hormon yang ada pada tubuh perempuan. Implant sangat cocok sebagai alat kontrasepsi jangka panjang. 

Salah satu metode yang paling efektif, dapat melindungi 99.9% terhadap kehamilan

Efektivitas yang sangat tinggi untuk jangka panjang (3-5 tahun), tidak perlu mengingat penggunaan kontrasepsi setiap hari, kesuburan kembali dengan cepat setelah pencabutan, tidak memerlukan pemeriksaan dalam, cocok untuk ibu menyusui (tidak mengganggu produksi ASI), dapat di cabut (oleh tenaga medis) setiap saat sesuai dengan kebutuhan.

Kapanpun, selama dinyatakan tidak hamil. Wanita dapat menggunakan implan tanpa perlu adanya pemeriksaan panggul, tes laboratoriump rutin, tanpa skrining kanker serviks, tanpa pemeriksaan payudara, bahkan wanita yang tidak mengalami menstruasi pada saat itu, jika dipastikan tidak hamil.

Pemasangan dan pencabutan implan bisa dilakukan dirumah sakit atau klinik oleh dokter, bidan atau perawat yang terlatih.

Sakit kepala, perubahan berat badan, jerawat, nyeri payudara, pusing, perubahan suasana hati, mual, perubahan perdarahan

Pemasangan implan yang dilakukan oleh tenaga medis menggunakan obat bius lokal (anestesi lokal) yang hanya menyebabkan sedikit rasa sakit, memar pada kulit mungkin terjadi. Pemasangan hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja. 

Tidak, pengguna implan tidak memerlukan check-up rutin ke tenaga kesehatan setelah implant dipasang. Anda dapat mengunjungi tenaga kesehatan apabila mengalami keluhan, mempunyai pertanyaan atau implan sudah waktunya untuk dicabut

Sebaiknya implan dicabut setelah masa waktu tertentu yang sudah ditetapkan karena hormon yang terkandung dalam implan tersebut sudah habis dan tidak efektif lagi untuk mencegah kehamilan. Jika anda merasa cocok dengan metode kontrasepsi ini, anda bisa meminta dokter/bidan anda untuk memasang implan yang baru. 

Wanita yang implannya telah dicabut dapat segera hamil, karena pengembalian tingkat kesuburan wanita setelah pencabutan implan cepat. Pola haid wanita setelah implant dicabut juga akan segera kembali, walaupun ada beberapa wanita yang harus menunggu beberapa bulan sampai pola haidnya kembali seperti semula

Menurut studi, implan tidak membahayakan atau menyebabkan kecacatan pada janin. Sebelum memasang implan KB, harus dipastikan bahwa akseptor tidak sedang hamil. 

Ibu yang sedang menyusui dan baru melahirkan bisa menggunakan implan setelah 6 minggu setelah melahirkan.

Ya, wanita bisa segera bekerja seperti biasa, selama tempat pemasangan implant tidak terbentur maupun basah selama beberapa saat setelah pemasangan. Biasanya implant dipasang dilengan yang kurang aktif (lengan kiri) agar akseptor bisa langsung kembali beraktifitas secara normal.

Tidak, dengan pemasangan yang tepat, implan tidak bergerak disekitar tubuh wanita. Implan tetap berada di tempat dimana dimasukan sampai dicabut nanti.

Punya pertanyaan lain ? klik disini

Punya pertanyaan seputar KB dan kontrasepsi?

Konsultasi disini

x