Pil Kontrasepsi Darurat Valenor dapat mencegah kehamilan meskipun sudah terlanjur melakukan hubungan seksual tanpa perlindungan (tanpa menggunakan alat/obat KB sebelumnya).

Pil KB ini dapat melindungi kehamilan jika diminum secara tepat yaitu diminum segera mungkin atau sampai maksimal 3 hari (72 jam) setelah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Gunakan secara tepat untuk hasil yang lebih maksimal dalam melindungi terhadap kehamilan

Informasi produk lebih detail

Kenapa harus siaga?



Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja, untuk itu anda harus mempunyai persiapan yang tepat. Jika anda dan pasangan berhubungan seksual tapi tidak sedang merencanakan kehamilan dan terjadi kondisi yang tidak diharapkan seperti :

- Tidak memakai perlindungan / kontrasepsi rutin
- Lupa/terlewat jadwal minum pil KB
- Lupa/terlewat jadwal suntik KB
- Kondom yang dipakai bocor pada saat berhubungan seksual
- Pada keadaan lain dimana hubungan seksual tidak terlindungi

Saat darurat seperti ini anda perlu solusi yang tepat secepat mungkin. Saatnya anda membutuhkan pil kontrasepsi darurat. Menurut penelitian, semakin cepat anda meminum pil kontrasepsi darurat maka akan semakin efektif dalam mencegah kehamilan.

FAQ Tentang Pil Kontrasepsi Darurat

Metode kontrasepsi yang membantu dan memberi kesempatan untuk mencegah kehamilan setelah hubungan seksual tanpa perlindungan kontrasepsi

- Tidak ada perencanaan untuk hamil tetapi terlanjur sudah berhubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi
- Terjadi kesalahan dalam pemakaian kontrasepsi, seperti kondom bocor, lepas, atau salah penggunaanya.
- Kegagalan senggama terputus, salah hitung masa subur. Alat kontrasepsi dalam rahim (spiral/IUD) ekspulsi.
- Lupa minum pil KB lebih dari 2 hari berturut-turut.
- Terlambat lebih dari 1 minggu untuk suntik KB 1 bulanan.
- Terlambat lebih dari 2 minggu untuk suntik KB 3 bulanan.
- Wanita korban perkosaan kurang dari 72 jam. 

2 buah pil diminum sekaligus secepatnya setelah berhubungan seksual (tanpa perlindungan) atau maksimal 120 jam. Semakin cepat diminum semakin efektif.

Jika Anda menggunakan Valenor sesuai indikasi maka 99% kehamilan dapat dicegah. Semakin cepat anda menggunakan selepas berhubungan maka semakin baik.

Semua wanita usia subur/usia reproduksi dapat menggunakan kontrasepsi darurat

Pil kontrasepsi darurat bisa didapatkan di apotek, klinik/pusat kesehatan atau temui dokter/bidan anda

Tidak, Kontrasepsi darurat tidak bekerja jika wanita sudah hamil, Ketika diminum sebelum wanita telah mengalami ovulasi, pil kontrasepsi darurat mencegah pelepasan sel telur dari ovarium atau menunda 5-7 hari. Pada saat itu, setiap sperma di saluran reproduksi wanita akan mati, karena sperma dapat bertahan hidup sekitar 5 hari. Pil kontrasepsi darurat tidak akan menyebabkan cacat lahir dan tidak akan di nyatakan membahayakan janin jika sudah hamil.

Mual, muntah, nyeri perut, pusing, kelelahan, nyeri payudara. Efek samping tersebut tidak dialami oleh semua wanita (tergantung dari reaksi tubuh masing-masing individu) dan jarang terjadi

Valenor bukan metode kontrasepi rutin/regular. Sebaiknya gunakan pil ini dalam kondisi darurat atau sebaiknya 1 kali dalam 1 siklus menstruasi saja. Gunakan Valenor jika anda tidak menggunakan pengaman saat berhubungan seksual dimana kehamilan tidak direncanakan. 

Jika Anda menggunakan Valenor sesuai cara minum yang tepat maka 99% kehamilan dapat dicegah. Semakin cepat anda meminum pil ini selepas berhubungan seksual maka semakin efektif dalam mencegah kehamilan

Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan Valenor lebih dari 1x dalam 1 siklus menstruasi karena jika digunakan lebih dari satu kali maka ia akan mengganggu siklus menstruasi selama beberapa saat

Valenor tidak efektif dalam mencegah kehamilan jika diminum lebih dari 5 hari setelah berhubungan seksual tanpa perlindungan.
Pil kontrasepsi ini juga tidak akan efektif pada penggunaan saat hamil, jikalau ini dipakai Valenor tidak akan merusak janin yang sudah ada dan tidak menyebabkan abortus.

Setelah menggunakan pil kontrasepsi darurat, beberapa wanita (1 dari 100) biasanya mengalami muntah.
Jika anda muntah dalam waktu kurun 3 jam setelah menggunakan Valenor, maka ulangi pemakaian. Jika anda kembali memuntahkan obat tersebut dalam kurang dari 3 jam, segera konsultasikan dengan dokter atau bidan anda mengenai solusi lain yang dapat diambil untuk mencegah kehamilan.

Anda akan mengetahui efektifitas pil ini (berhasil / tidak) adalah ketika anda menghadapi masa menstruasi selanjutnya tanpa adanya gangguan.

Kebanyakan wanita tidak merasakan adanya efek samping berarti. Hanya pada beberapa wanita saja dialami beberapa efek samping seperti mual, sakit kepala, nyeri pada payudara, sakit perut, diare, atau merasa lelah. Gejala ini pun biasanya sangat ringan dan akan menghilang dalam jangka waktu yang singkat.

Biasanya penggunaan Valenor tidak mempengaruhi masa menstruasi anda namun masa menstruasi anda dapat datang lebih awal atau lebih telat daripada biasanya. Lalu kemungkinan anda juga mengalami flek pada masa menstruasi berikutnya. Ini akan membuat sedikit tidak nyaman sekalipun siklus akan kembali normal setelahnya. Hal ini semata dikarenakan efek hormon yang ada didalam pil.

Tidak sama sekali. Semakin cepat anda menggunakan Valenor sebagai obat kontrasepsi darurat selepas melakukan hubungan seksual tanpa pengaman maka semakin kecil kemungkinan adanya kehamilan. Namun anda hanya dapat menggunakannya maksimal 120 jam setelah berhubungan seksual tanpa perlindungan.
Maka persediaan Valenor untuk persiapan sangat diperlukan sebagai obat kontrasepsi darurat anda.

Punya pertanyaan seputar KB dan kontrasepsi?

Konsultasi disini

x